8 Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur Pagi

8 Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur Pagi – Air putih memang banyak sekali manfaat dan khasiat nya bagi tubuh kita. Air putih adalah sejenis zat cair yang memiliki molekul hidrogen dan oksigen. Air putih sama halnya dengan air biasa, akan tetapi air putih lebih familiar karena dikenal sebagai air siap minum. Hal ini disebabkan oleh kandungan yang terdapat didalam air putih yaitu mengandung zat-zat tertentu, sehingga kandungan yang ada didalam air tersebut baik untuk tubuh.

Meski terlihat mudah dan simpel, namun kebiasaan minum air putih saat bangun tidur pagi masih sangat jarang dilakukan oleh orang-orang. Padahal kebiasaan baik ini memiliki banyak sekali manfaat.

Nah untuk mengetahui apa saja sih manfaat dan fungsinya bagi tubuh jika kita rutin minum air putih dipagi hari saat bangun tidur, yuk simak penjelasannya sebagai berikut:

8 Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur Pagi

1. Mengeluarkan Racun Dari Tubuh

Meminum air putih dipagi hari, dapat menjaga usus kecil dari dehidrasi. Pada saat keseimbangan air dalam tubuh seimbang, maka sistem pencernaanpun akan semakin membaik. Ketika asupan cairan cukup, maka akan buang air lebih sering sehingga semakin sering membuang air maka racun didalam tubuh terbuang lebih cepat bersama urine.

2. Mengurangi Sakit Kepala

Salah satu penyebab sakit kepala adalah dehidrasi. Meminum air di pagi hari dapat membantu mengurangi sakit kepala, sehingga tidak mengganggu awal pagi anda dan akan semakin fit tentunya.

Baca Juga:  9 Fungsi Lembaga Keluarga Beserta Penjelasan dan Contohnya

3. Meningkatkan Dan Mengubah Metabolisme Tubuh

Minum air putih saat pagi  dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Seperti dilansir Boldsky, orang yang minum air putih secara teratur akan meningkatkan sistem metabolisme hingga 25 persen dibandingkan dengan orang yang jarang meminum air putih. Sehingga dengan sistem metabolisme yang lancar maka lemak pun akan cepat luruh dan lebih sehat.

4. Membersihkan Usus Besar

Saat bangun dipagi hari perut kita biasanya dalam kondisi kosong, sehingga meminum air putih dapat membantu saluran cerna untuk membuang limbah berbahaya yang menumpuk didalam usus. Selain itu juga dapat mencegah kanker usus besar.

5. Meningkatkan Imunitas

Air putih sangat dibutuhkan untuk mengawasi atau mengendalikan keseimbangan cairan yang ada didalam tubuh. Sehingga dengan adanya cairan yang cukup didalam tubuh maka staminapun akan meningkat. Selain itu, meminum air putih dipagi hari dalam keadaan perut yang kosong dapat membantu tubuh dalam menangkal infeksi dan penyakit yang menyerang.

6. Mencegah Gangguan Pencernaan

Meminum segelas air putih di pagi hari dapat membantu membersihkan asam makanan dari kerongkongan yang bekerja saat tidur. Karena asam ini dapat menganggu pencernaan jika tidak rutin dibersihkan.

7. Meningkatkan Nafsu Makan

Seringkali kita tidak mau sarapan karena malas dan tidak nafsu, tahukah anda bahwa minum air putih dapat menjadi salah satu cara supaya mengembalikan nafsu makan di pagi hari. Air dapat membersihkan saluran pencernaan sehingga perut akan terasa lebih nyaman. Hal ini dapat berimbas pada meningkatnya nafsu makan di pagi hari.

8. Meningkatkan Energi

Minum air putih di pagi hari dapat membantu meningkatkan energi di pagi hari. Air putih hangat juga dapat menstimulasi peredaran sel darah merah ke seluruh tubuh berjalan lebih maksimal. Karena sel darah merah berfungsi untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga dengan kadar oksigen yang cukup di dalam tubuh, badan akan terasa lebih segar di dalam tubuh.

Baca Juga:  Macam-Macam Alat Optik Beserta Penjelasan dan Fungsinya

Nah itulah 8 Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur Pagi. Semoga dapat bermanfaat yaa.. Terimakasih 🙂 ..

5 (100%) 7 votes