Pengertian Agama Menurut Islam Terlengkap

Pengertian Agama Menurut Islam Terlengkap – Menurut Dr. franny dahler ada dua definisi agama, yaitu definisi secara umum dan defini secara khusus. Secara umum berlaku bagi semua agama, sedangkan secara khusus hanya berlaku untuk agama itu sendiri.

Dalam Islam, agama terdiri dari dua,yaitu Samawi dan Bukan Samawi. Agama samawi adalah agama yang berdasarkan wahyu Allah.

Pengertian Agama Menurut Islam Terlengkap

Pengertian Agama Menurut Al-Qur’an dan Bahasa Arab

Berasal dari bahsa arab, Agama yaitu dari kata addien dan almillah. Addien artinya syariat dan Almillah berarti orang yang melakukan ibadahnya. Menurut lughat atau bahasa kata “addien” memiliki banyak arti yaitu cara atau adat, peraturan, agama, Mengesakan Tuhan, kekuasaan, kemenangan, taat atau patuh.

Pengertian Addienul Islam Menurut Bahasa dan Istilah

Dalam Islam, kata addien juga memiliki arti baik secara bahasa maupun istilah, secara bahasa addien berarti keselamatan, kesejahteraan, pasrah (penyerahan diri kepada Allah).

Sedangkan menurut istilah berarti suatu ketundukkan seorang hamba kepada wahyu Allah yang diturunkan kepada nabi dan rasul khusunya Nabi Muhammad SAW untuk dapat dijadikan pedoman hidup dan hukum atau aturan Allah SWT, yang dapat membimbing umatnya kejalan yang lurus, menuju kebahagiaan didunia maupun akhirat. Secara istilah, agama juga memiliki banyak arti yang bersumber dari Al-Qur’an, As-sunnah, serta ijma para ulama.

1. Islam Sebagai Wahyu Illahi

Wahyu adalah kalam Allah yang disampaikan kepada para Rasulnya. Nabi Muhammad adalah nabi yang menerima wahyu dari Allah SWT, yang disampaikan melalui perantara malaikat jibril.

Baca Juga:  18 Keutamaan Sedekah Berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits

2. Islam Sebagai Pedoman Hidup

Islam itu adalah jalan hidup sedangkan Al-Qur’an adalah sumber utama pedoman dan ajaran dalam Islam.

3. Membimbing Manusia Kejalan Yang Lurus

yang artinya: “Dan bahwa (yang kami perintahkan) ini adalah jalan-KU yang lurus, maka ikutilah dia,¬† dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertaqwa.

4. Kebahagiaan Dunia dan Akhirat 

Islam merupakan agama yang membawa pemeluknya menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat. Hal tersebut dapat dicapai dengan amal perbuatan shalih yang dikerjakan, sesuai dengan hukum dan syariat Islam.

artinya: ” Dan carilah pada apa yang telah dianugrahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negri akhirat, dan janganlan kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu,dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (Q.S Al-Qashas:77)

Demikian Penjelasan Mengenai Pengertian Agama Menurut Islam Terlengkap . Terimakasih sudah membaca artikel kami. Semoga bermanfat. Baca juga Pengertian Agama Secara Umum.

Rate this post