Bacaan Niat Puasa Nazar Beserta Arab Latin dan Artinya (Lengkap)
Bacaan Niat Puasa Nazar Beserta Arab Latin dan Artinya (Lengkap)

√ Bacaan Niat Puasa Nazar Beserta Arab Latin dan Artinya (Lengkap)

Bacaan Niat Puasa Nazar Beserta Arab Latin dan Artinya (Lengkap) – Puasa nazar merupakan puasa janji yang dilakukan jika suatu hal tersebut tercapai. Sedangkan menurut istilah nazar sendiri merupakan suatu penetapan yang mewajibkan untuk melakukan sesuatu. Puasa nazar ini hukumnya wajib. Karena hal tersebut berkaitan dengan sebuah janji atau ikrar baik untuk dirinya sendiri ataupun orang lain.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa itu nazar dan bagaimana bacaan niat puasa nazar, Pendidik akan membahasnya. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Bacaan Niat Puasa Nazar Beserta Arab Latin dan Artinya (Lengkap)

Sebelum membahas mengenai bacaan niat puasa nazar, kita akan membahas terlebih dahulu aoa itu nazar. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, puasa nazar merupakan puasa yang wajib dilakukan karena seseorang telah bernazar atau janji yang telah dilakukan. Jadi jika janji atau tujuannya telah terpenuhi maka ia wajib berpuasa, namun jika janji atau tujuannya belum terpenuhi maka ia tidak wajib untuk berpuasa.

Sebagai contoh, si fulan sedang ujian memasuki perguruan tinggi, kemudian ia bernazar jika memasuki universitas yang ia inginkan maka ia akan berpuasa selama tiga hari, namun jika ia tidak diterima di universitas tersebut maka ia tidak wajib untuk berpuasa.

Sebagaimana dalam sebuah hadits dikatakan:

وَعَنْ عُمَرَرَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قُلْتُ يَارَسُوْلَ اللهِ اِنِّى نَذَرْتُ فِى الْجَاهِلِيَّةِ اَنْ اِعْتَكَفَ لَيْلَةً فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ، قَالَ: فَاَوْفِ بِنَذَرْكَ

Artinya: Dari Umar ra, ia berkata, “Ya Rasulullah, sesungguhnya saya bernazar pada masa jahiliyah akan beriktikaf semalam di Masjidil haram.” Beliau bersabda, “Penuhilah nazarmu”. (H.R Muttafaq ‘Alaih)

Bacaan Niat Puasa Nazar

Niat puasa nazar tidak ada bedanya dengan niat puasa wajib atau sunnah, hanya beda di lafadz niatnya saja. Puasa nazar ini dapat dilakukan dengan cara berniat untuk menjalankan puasa sebagai pelaksanaan dari sesuatu yang dijanjikan atau dinazarkan sebelumnya.

Baca Juga:  Niat Puasa Ramadhan, Doa Saat Berbuka & Do'a Sahur Lengkap

Niat Puasa Nazar

نَوَيْتُ صَوْمَ النَّذَرِ لِلّٰهِ تَعَالىَ

Nawaitu shauman nadzari lillaahi ta’aalaa

Bacaan Niat Puasa Nazar Beserta Arab Latin dan Artinya (Lengkap)
Bacaan Niat Puasa Nazar Beserta Arab Latin dan Artinya (Lengkap)

Artinya : “Aku niat puasa nazar alasannya yaitu Tuhan Ta’ala”

Nah itulah tadi penjelasan sedikit mengenai puasa nazar dan Bacaan Niat Puasa Nazar Beserta Arab Latin dan Artinya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂