Kultum Singkat : Pengertian & Contoh

Kultum Singkat – Benar sekali, ada banyak cara untuk memperoleh ilmu agama, baik secara langsung maupun online. Saat ini, terdapat berbagai platform yang dapat digunakan untuk mendapatkan hidayah. Selama bulan Ramadan, seringkali ada kultum singkat yang disiarkan di televisi maupun media sosial sebagai pengingat dan pembelajaran bagi umat Islam.

Bagi mereka yang mencari hidayah, mengikuti berbagai kultum bisa menjadi pilihan yang baik karena tidak semua orang mendapatkannya dengan mudah. Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menyampaikan kultum dengan tema yang sama, sehingga memberikan pengalaman dan pemahaman yang berbeda pula.

Contents

Pengertian Kultum

Kultum atau kuliah tujuh menit merupakan seni dalam menyampaikan ilmu pengetahuan agama secara singkat, padat, dan tepat. Meskipun berlangsung dalam waktu singkat, pembahasannya cukup mendalam sehingga dapat memberikan pengingatan yang bermanfaat bagi umat Islam.

Tujuan dari kultum ini adalah untuk menginspirasi pendengar agar melakukan kebaikan dan menghindari perilaku yang tidak baik. Biasanya, penyampai kultum menggunakan bahasa yang santun dan menarik, seringkali disertai dengan kutipan dari Al-Qur’an atau hadis.

Rasulullah SAW juga sering menggunakan pendekatan yang sama dalam menyampaikan pesan-pesan agama untuk mendorong umatnya menjalankan amal kebajikan dan menolak perbuatan yang tercela.

Kultum umumnya disampaikan di berbagai kesempatan, seperti setelah azan magrib di televisi, sebelum sholat Jumat, antara tarawih dan witir, dan lain-lain. Pembahasannya dapat bervariasi, mulai dari topik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari hingga isu-isu terkini yang sedang berlangsung.

Contoh Kultum Singkat Berbagai Tema

Tentu, berikut beberapa contoh tema kultum yang dapat dijadikan inspirasi:

1. Kultum Singkat Tentang Bersyukur

Assalammualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Alhamdulillah, kita bersyukur atas nikmat Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan untuk berkumpul pada kesempatan ini. Semoga kita semua diberkahi oleh Allah SWT, amin.

Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, suri teladan terbaik yang telah membimbing umat menuju jalan yang benar.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang pentingnya bersyukur. Bersyukur merupakan perasaan yang tinggi karena mampu menerima segala keadaan dengan lapang dada, meskipun pahit, dan mensyukurinya.

Setiap hari kita dianugerahi berbagai nikmat yang tidak terhitung, seperti kesehatan, fungsi anggota tubuh yang baik, nikmat Islam, dan banyak lagi. Namun, seringkali kita hanya memperhatikan nikmat-nikmat materi saja, sementara nikmat-nikmat lainnya sering terlupakan.

Allah SWT berfirman dalam Surat An-Nahl ayat 78, bahwa Dia memberikan pendengaran, penglihatan, dan hati agar kita bersyukur. Hal ini juga ditegaskan dalam hadis Bukhari dan Muslim yang mengingatkan kita untuk selalu memandang orang yang berada di bawah kita dalam hal harta dan dunia, sebagai bentuk menghargai nikmat Allah yang telah kita terima.

Bersyukur juga bisa dilakukan dengan membuat jurnal kebaikan setiap hari, sebagai wujud penghargaan terhadap nikmat-nikmat yang kita miliki. Manfaat dari bersyukur antara lain Allah akan memberikan ridha-Nya kepada kita, kita akan dijauhkan dari azab-Nya, mendapat pahala, dan hidup dengan lebih bahagia karena selalu berpikir positif.

Semoga dengan bersyukur, kita senantiasa mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah SWT. Amin.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

2. Kultum Singkat Tentang Ikhlas

Assalammualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Segala puji hanya bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat Iman dan Islam serta limpahan rahmat-Nya. Semoga kita semua diberkahi oleh Allah SWT, amin.

Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita Rasulullah SAW, suri teladan sepanjang masa, yang sangat mencintai umatnya dan membawa mereka keluar dari zaman jahiliyah menuju Iman dan Islam saat ini.

Sebelum kita memulai kultum hari ini, marilah kita membaca istighfar dan Al-Fatihah terlebih dahulu. Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan tentang pentingnya ikhlas dalam setiap aktivitas kita.

Ikhlas adalah sikap memurnikan tujuan hanya untuk Allah SWT. Artinya, dalam segala hal yang kita lakukan, fokus utama kita adalah mendapatkan keridhaan-Nya tanpa mempedulikan pandangan atau penilaian orang lain.

Orang yang ikhlas adalah orang yang paling bahagia, karena mereka menerima segala yang terjadi dengan lapang dada, tanpa merasa iri terhadap orang lain.

Ikhlas dapat diterapkan dalam berbagai aktivitas, baik itu dalam bekerja, beribadah, mengajar, dan lain sebagainya. Dalam konteks beribadah, ikhlas berarti melakukan ibadah semata-mata karena Allah SWT, tanpa mencari pujian atau pengakuan dari manusia.

Dalam agama, ikhlas dan kejujuran merupakan prioritas utama dalam hidup. Keduanya memberikan penerangan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan. Oleh karena itu, setiap perilaku kita harus dilandasi oleh keikhlasan agar mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Setelah memahami makna ikhlas, marilah kita mulai mengamalkannya dalam setiap aspek kehidupan kita. Semoga kita senantiasa menjadi orang yang ikhlas dalam segala perilaku kita dan diterima oleh Allah SWT.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

3. Kultum Singkat tentang Rahasia Bahagia dalam Rumah Tangga

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji hanya bagi Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat atas segala sesuatu, serta memberikan rahmat-Nya sehingga pada saat ini kita bisa berkumpul untuk menjemput hidayah bersama-sama.

Shalawat serta salam tak lupa disampaikan kepada junjungan kita Rasulullah SAW, yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah ke zaman terang benderang seperti saat ini. Sebelum memulai kultum, marilah kita membaca Al-Fatihah secara bersama-sama.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang beberapa kunci kebahagiaan dalam rumah tangga, yang dapat menjadi pedoman bagi saudara-saudari sekalian yang ingin menjadikan rumah tangganya seperti surga.

  • Cinta karena Allah SWT antara suami istri
    Mencintai pasangan karena Allah SWT akan memberikan kekuatan dalam menghadapi segala hambatan dalam rumah tangga, serta membawa keberkahan dan kebahagiaan di akhirat.
  • Bersyukur satu sama lain
    Bersyukur atas segala hal yang dimiliki oleh pasangan akan menguatkan ikatan dan keharmonisan dalam rumah tangga.
  • Berkomunikasi seperti teman baik
    Hindari konflik dengan saling menghormati dan berkomunikasi dengan baik, sebagaimana yang dilakukan oleh teman baik.
  • Fokus pada kebutuhan primer satu sama lain
    Pastikan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing secara adil dan bijaksana.
  • Ciptakan kenyamanan di dalam rumah tangga
    Upayakan untuk menciptakan kenyamanan dengan saling menyambut baik, memuji, dan menjaga kebersihan dan kerapihan rumah.
  • Jadilah mitra satu sama lain
    Bersikap sebagai mitra yang saling mendukung, memotivasi, dan mengasihi dalam setiap perjalanan kehidupan.
  • Luangkan waktu untuk saling bersama
    Meskipun sibuk, pastikan untuk meluangkan waktu berkualitas bersama untuk mempererat hubungan.
  • Melawan ego
    Hindari egoisme dan belajar untuk mengalah demi kebahagiaan bersama.
  • Mengatasi stress
    Dukung dan bantulah pasangan saat mengalami stres, serta jaga agar stres tidak memengaruhi hubungan.
  • Ingat Allah SWT dalam segala hal
    Tetaplah mengingat Allah SWT dalam setiap konflik dan kesulitan, serta berdoa untuk mendapatkan petunjuk-Nya.

Semoga dengan menerapkan kunci-kunci kebahagiaan dalam rumah tangga tersebut, saudara-saudari sekalian dapat menjaga pernikahan tetap harmonis dan bahagia. Mari kita mengucapkan hamdalah dan berdoa agar Allah SWT senantiasa memberkahi rumah tangga kita.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.