Cara Penulisan Karya Ilmiah dengan Baik dan Benar

Cara Penulisan Karya Ilmiah dengan Baik dan Benar – Karya ilmiah merupakan salah satu laporan tertulis yang diterbitkan dengan memaparkan hasil penelitian yang dilakukan oleh seseorang dan sesuai dengan kaidah dan etika serta ketentuan keilmuan.

Ada banyak jenis karya ilmiah antara lain laporan penelitian, makalah, artikel jurnal, dan masih banyak lagi jenis lainnya yang pada dasarnya semua itu merupakan hasil dari produk seorang ilmuwan.

Menulis laporan karya ilmiah sering kali menjadi masalah bagi banyak orang. Banyak dari kita belum mengetahui bagaimana sih cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar. Nah, maka dari itu disini ruangpengetahuan akan memberikan penjelasan tata cara penulisan karya ilmiah dengan baik dan benar.

Cara Penulisan Karya Ilmiah dengan Baik dan Benar

Berikut adalah cara penulisan karya ilmiah dengan baik dan benar:

1. Tahap Persiapan

Tahap persiapan ini merupakan suatu hal yang mendasar dan penting yang harus dilakukan oleh seorang penulis karya ilmiah. Yang harus dipertimbangkan dalam tahap persiapan adalah sebagai berikut:

Memilih Topik dan Tema

Topik merupakan inti utama dari seluruh isi yang akan disampaikan atau dipaparkan. Topik ini menjadi hal pertama yang harus ditentukan oleh penulis untuk membuat tulisan. Sedangkan tema aalah pernyataan inti dari topik yang akan ditulis.

Mengumpulkan Bahan

Setelah kita memilih topik dan tema, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengumpulkan bahan, Bahan-bahan tersebut didapatkan sesuai dengan topik yang dipilih. Bahan tersebut digunakan untuk dapat memperkaya pengetahuan penulis dan dapat dijadikan sebagai landasan teori dari karya ilmiah tersebut.

Baca Juga:  Pengertian Teks Prosedur, Ciri, Tujuan, Macam, & Strukturnya Lengkap

Survei Lapangan

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah survei lapangan. Langkah ini dilakukan untuk melakukan pengamatan dari objek yang diteliti. Menentukan masalah dan tujuan yang akan diteliti untuk penulisan karya ilmiah. Langkah ini merupakan titik acuan dari penulisan karya ilmiah.

Menyusun Hipotesis

Selanjutnya adalah menyusun hipotesis, hipotesis ini merupakan jawaban sementara dari masalah yang bersifat praduga atau prediksi yang ditetapkan ketika anda mengamati objek penelitian.

Menyusun Rancangan Penelitian

Menyusun rancangan penelitian merupakan kerangka dari penulisan karya ilmiah. Ini merupakan kerja yang akan dilakukan oleh penulis dalam karya ilmiahnya.

Melakukan Percobaan Berdasarkan Metode yang Sudah Ditentukan

Langkah selanjutnya adalah melakukan percobaan, yakni dengan melakukan percobaan yang signifikan dengan objek penenlitian.

Melakukan Pengamatan dan Pengumpulan Data

Setelah melakukan percobaan berdasarkan metode yang sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah melakukan pengamatan terhadap objek percobaan tersebut.

Menganalisis Data

Selanjutnya adalah menganalisis data yaitu cara untuk mengolah data menjadi informasi agar data tersebut dapat dimengerti dan dipahami serta bermanfaat untuk solusi dari permasalahan.

Merumuskan Kesimpulan

Setelah melakukan cara cara diatas, maka langkah terakhir yang harus dilakukan pada tahap persiapan ini adalah dengan menyimpulkan hasil dari proses-proses yang telah dilakukan.

2. Tahap Evaluasi

Tahap evaluasi ini merupakan salah satu tahap penting dalam melakukan penulisan karya ilmiah. Tahap ini bertujuan untuk memeriksa kembali tulisan yang telah jadi untuk dapat meningkatkan mutu serta menelaah hasil yang sudah ditentukan.

Nah itu tadi beberapa penjelasan mengenai Cara Penulisan Karya Ilmiah dengan Baik dan Benar. Semoga dapat bermanfaat ya. Terimakasih 🙂

5 (100%) 4 vote[s]