5 Rukun Islam Beserta Penjelasannya Terlengkap
5 Rukun Islam Beserta Penjelasannya Terlengkap

5 Rukun Islam Beserta Penjelasannya Terlengkap

5 Rukun Islam Beserta Penjelasannya Terlengkap – Rukun Islam adalah segala ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi oleh orang-orang muslim. Sebagai seorang muslim kita harus mengetahui serta memahami rukun Islam. Kali ini pendidik akan membahas mengenai 5 rukun Islam beserta penjelasannya. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pembahasannya, simak penjelasannya sebagai berikut:

5 Rukun Islam Beserta Penjelasannya Terlengkap

Adapun 5 rukun Islam adalah:

1. Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat

Mengucap dua kalimat syahadat atau persaksian adalah mengucapkan secara lisan, membenarkan dengan hati kemudian mengamalkannya dengan perbuatan. Namun bagi orang orang yang mengucapkan kalimat syahadat secara lisan tetapi tidak mengetahui maknanya dan tidak mengamalkannya, maka orang tersebut sama sekali tidak memperoleh manfaatnya dari syahadat tersebut.

أَشْهَدُ أَنْ لآ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhamad adalah utusan Allah”.

2. Mendirikan Shalat Lima Waktu

Rukun Islam yang kedua adalah melaksanakan shalat lima waktu. Sudah menjadi kewajiban umat muslim untuk mendirikan shalat lima waktu dengan sepenuh hati.

Adapun makna shalat sendiri adalah suatu rangkaian ibadah yang di awali dengan niat dan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Tidaklah sah seseorang tersebut mengerjakan suatu ibadah shalat apabila tidak melakukan rangkaian ibadahnya dari niat hingga salam.

الْعَهْدُ الَّذِى بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمُ الصَّلاَةُ فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ

Artinya: “Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah shalat. Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, An Nasa’i dan Ibnu Majah)

3. Membayar Zakat

Rukun Islam selanjutnya adalah membayar zakat. Setiap muslim wajib membayar zakat yang dikeluarkan setahun sekali yakni zakat fitrah untuk membersihkan dan mensucikan dirinya. Sedangkan zakat mal adalah zakat harta yang dikeluarkan sesuai dengan ketentuannya.

Baca Juga:  8 Keutamaan dan Manfaat Shalat Sunnah Rawatib

4. Puasa

Puasa wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh umat Islam adalah puasa ramadhan. Setiap muslim wajib melaksanakan puasa tersebut selama sebulan penuh. Jika tidak bisa melaksanakannya karena sesuatu hal yang membuat dirinya tidak boleh berpuasa seperti haid, nifas, sakit dan ataupun sebab lainnya, maka wajib diganti atau qodho di lain waktu selain bulan ramdhan atau diganti dengan fidyah sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan.

5. Haji Bila Mampu

5 Rukun Islam Beserta Penjelasannya Terlengkap
5 Rukun Islam Beserta Penjelasannya Terlengkap

Rukun Islam yang terakhir adalah naik haji bila mampu. Adapun diwajibkannya hanya sekali sedangkan selebihnya adalah sunnah. Adapun makna dari sanggup atau mampu adalah mampu secara fisik, memiliki kemampuan biaya atau bekal dari pergi hingga pulang kembali. Karena perjalanan yang tidak dekat jadi hanya untuk orang yang mampu.

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا

Artinya: “Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah.”(QS. Al-Imran: 97)

Demikianlah penjelasan mengenai 5 Rukun Islam Beserta Penjelasannya Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terimakasih 🙂

5 (100%) 7 votes