37 Pengertian Sejarah Terlengkap

37 Pengertian Sejarah Terlengkap – Kata sejarah sudah tidak asing lagi di dengar, setiap manusia pasti mempunyai sejarah dan kita harus belajar dari sejarah. Ada banyak kejadian di masa lalu yang dapat dijadikan sebagai acuan agar menjadi lebih baik dimasa depan. Dan kita harus belajar dari masa lalu agar tidak mengulang kesalahan yang sama.

Ruang lingkup sejarah dapat dibagi menjadi 4 yakni sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai peristiwa, sejarah sebagai kisah dan sejarah sebagai seni. Dari keempat ruang lingkup tersebut masing-masing memiliki definisi dan pembahasan tersendiri.

Sehingga banyak sekali para ahli dan para sejarawan yang meniliti tentang sejarah. Para ahli ini memiliki pandangan dan definisi masing-masing mengenai sejarah. Berikut ini akan dijelaskan pengertian sejarah menurut para ahli.

Sebelum memasuki pengertian sejarah menurut para ahli, disini akan terlebih dahulu dijelaskan apa itu sejarah secara umum.

Pengertian Sejarah Secara Umum

Sejarah menurut bahasa berasal dari bahasa inggris yakni kata history ( masa lampau ), bahasa arab Sajaratun yang berati pohon, dengan kata lain dalam bahasa arab disebut tarikh yaitu waktu atau penanggalan. Sehingga sejara secara umum menurut wikipedia diartikan sebagai suatu kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia.

37 Pengertian Sejarah Terlengkap

1. Moh. Hatta

Sejarah merupakan dalam wujudnya tentang masa lampau. Sejarah tidak hanya melahirkan kriteria dari kejadian di masa lalu, tetapi pemahaman dimasa lampau yang mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi problematik pelajaran bagi manusia berikutnya.

2. Muhammad Yamin

Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa kejadian atau peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataan.

3. Taufik Abdullah

Sejarah adalah tindakan manusia dalam jangka waktu tertentu, dimasa lampau yang dilakukan ditempat tertentu.

4. Nugroho Notosusanto

Sejarah adalah peristiwa atau kejadian yang menyangkut manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang terjadi di masa lampau.

5. Moh. Ali

Sejarah merupakan keseluruhan perubahan kejadian-kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi. Sejarah adalah suatu ilmu yang menyelidiki perubahan yang benar-benar terjadi di masa lampau.

Baca Juga:  Teks Sumpah Pemuda Yang Asli dan Benar Beserta Gambar (Lengkap)

6. Kuntowijoyo

Sejarah adalah hal-hal yang menyajikan fakta secara diakronis karena berhubungan dengan waktu, bersifat ideografis karena menggambarkan dan menceritakan sesuatu, unik, dan empiris yang berarti sejarah bersandar pada pengalaman manusia yang bersungguh-sungguh.

7. Rochiati Wiriatmaja

Sejarah adalah suatu disiplin ilmu yang menjanjikan etika, moral, kebijaksanaan, nilai-nilai spiritual dan cultural, karena kajiannya bersifat memberikan pedoman kepada keseimbangan hidup, harmoni dalam nilai-nilai, keteladanan dalam keberhasilan dan kegagalan dan cerminan pengalaman kolektif yang menjadi arah atau kompas untuk kehidupan masa depan.

8. Roeslan Abdulgani

Sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau dan kejadian-kejadian dengan maksud kemudian untuk menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut. Selanjutnya dijadikan pembendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang atau arah proses masa depan.

9. Drs. Sidi Gazalba

Sejarah adalah masa lalu manusia dan sekelilingnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan pemahaman tentang apa yang berlaku.

10. Ismaun

Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi dan berlangsung dalam segala aspeknya dimasa lampau.

11. Ibnu Khaldun

Sejarah adalah sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada sifat masyarakat itu.

12. Aristoteles

Sejarah adalah satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal tersusun dalam bentuk kronologi. Sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, record-record atau bukti yang sesuai konkrit.

13. Leopold Von Ranke

Sejarah adalah hal yang sungguh-sungguh terjadi.

14. J.V. Bryce

Sejarah adalah Catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.

15. Benedetto Croce

Sejarah adalah suatu rekaman dari kreasi jiwa manusia disemua bidang baik teoritikal maupun praktikal. Kreasi spiritual ini hadir dan senantiasa lahir dalam hati dan pikiran manusia jenius, budayawan, pemikir yang mengutamakan tindakan, dan pemburu agama.

Baca Juga:  31 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Terlengkap

16. W. H Walsh

Sejarah adalah suatu pencatatan yang berarti dan penting bagi manusia yang meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman manusia-manusia di masa lampau pada hal yang penting sehingga merupakan cerita yang bekenan dan berarti.

17. Gustafson

Sejarah merupakan puncaknya pengetahuan manusia dari mana perbuatan generasi kita mungkin direkam dan dipasang kedalam dimensi yang tepat.

18. Abramiwitz

Sejarah adalah suatu susunan peristiwa yang telah terjadi pada sebuah kejadian.

19. Shefer

Sejarah adalah sebuah peristiwa yang telah lalu, dan memang benar-benar terjadi.

20. J. Bank

Sejarah adalah semua kejadian atau perisiwa masa lampau. Segala kejadian dan peristiwa yang berkaitan dengan manusia. Dalam kejadian tersebut terdapat bagaimana manusia tersebut berprilaku.

21. Thomas Carlyle

Sejarah adalah peristiwa pada masa lampau yang mempelajari tentang biografi orang terkenal. Mereka adalah orang yang berjasa dan penyelamat pada zamannya. Mereka dicatat sebagai peletak dasar sejarah tersebut.

22. Bernheim

Sejarah adalah ilmu yang menulusuri dan menempatkan peristiwa-peristiwa tertentu dalam waktu dan ruang mengenai perkembangan manusia, baik perorangan maupun kolektif, sebagai makhluk sosial dalam hubungan sebab akibat dan lahir batin.

23. R. G. Collingwood

Sejarah adalah sebuah bentuk penyelidikan mengenai hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.

24. Patrick Gardiner

Sejarah adalah suatu ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

25. Herodotus

Sejarah adalah satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seorang tokoh, masyarakat dan peradaban.

26. Norman E. Cantor

Sejarah merupakan ilmu tentang apa yang diperbuat dikatakan dan diperbuat serta dipikirkan oleh manusia pada masa lampau.

27. Robin Winks

Sejarah adalah ilmu tentang manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

28. Henry Steele Commager

Sejarah adalah rekaman keseluruhan tentang masa lampau, kesusatraan hukum, pranata sosial, agama, bangunan, filsafat, dan semua yang teringat dalam memori manusia.

Baca Juga:  Teks Sumpah Pemuda Yang Asli dan Benar Beserta Gambar (Lengkap)

29. Karl Popper

Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang tertarik pada peristiwa atau kejadian-kejadian spesifik dan penjelasannya. Sejarah digambarkan sebagai peristiwa-peristiwa masa lalu sebagaimana peristiwa itu benar terjadi secara aktual.

30. John Tos

Sejarah adalah memori kolektif, sumber pengalaman melalui pengembangan suatu rasa identitas sosial orang-orang dan prospek orang-orang tersebut di masa yang akan datang.

31. Edward Hallet Carr

Sejarah adalah dialog yang tidak pernah selesai antara masa sekarang dan masa lampau, suatu proses interaksi yang berkesinambungan antara sejarawan dan fakta yang dimilikinya.

32. Sir Charless Firth

Sejarah adalah merekam kehidupan masyarakat manusia, perubahan yang terus menerus pada masyarakat, merekam ide-ide yang membatasi aksi-aksi masyarakat dan merekam kondisi-kondisi material yang telah membantu atau merintangi perkembangannya.

33. Rober V. Daniels

Sejarah merupakan kenangan dari tumpuan masa lampau. Didalam definisi sejarah manusia adalah sebagai pelaku sejarah. Kemampuan yang dimiliki manusia adalah kemampuan untuk menangkap kejadian-kejadian yang ada disekelilingnya.

34. Henri Pirenne Iseorang

Sejarah adalah sebagai kisah mengenai berbagai peristiwa dan aktivitas manusia yang hidup dalam masyarakat.

35. Beverley Southgate

Sejarah adalah suatu ilmu tentang masa lampau dimana suatu ilmu yang hasilnya secara ideal merupakan suatu penyajian masa lalu sebagaimana adanya. Hasil pembelajaran ini dapat juga bermanfaat sebagai pelajaran moral bagi manusia.

36. Ertis Stren

Sejarah timbul dari suatu persoalan yang hidup dan bahkan melayani hidup masyarakat. Sejarah akan berubah bersama dengan berubahnya waktu, harapan dan pemikiran rasa cemas yang tumbuh kemudian.

37. Cleveland

Sejarah adalah sebagai sebuah konsep yang akan dilihat untuk mengenali kehidupan manusia.

Nah itulah tadi penjelasan mengenaiĀ 37 Pengertian Sejarah Terlengkap. Terimakasih telah membaca artikel ini :). Semoga bermanfaat.

Rate this post