31 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Terlengkap

31 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Terlengkap – Pada kesempatan kali ini ruangpengetahuan.com akan membahas tentang kewirausahaan. kewirausahaan ini seringkali dijadikan sebagai suatu proses untuk mengerjakan sesuatu yang kreatif dan inovatif. Ada beberapa ahli yang menjelaskan mengenai definisi kewirausahaan. Tentu saja diantara kita masih ada yang belum tau dan mengerti apa itu kewirausahaan.

Nah untuk lebih jelasnya disini ruangpengetahuan.com akan memaparkan tentang pengertian kewirausahaan menurut para ahli.

31 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Terlengkap

Berikut pengertian kewirausahaan menurut ahli:

1. Drs Joko Untoro

Menurut Drs Joko Untoro beliau mengungkapkan kewirausahaan merupakan keberanian untuk melakukan suatu usaha dalam memenuhi kebutuhan hidup yang akan dilakukan oleh seseorang atas dasar kemampuan dan kemampuan memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk oranglain dan dirinya.

Baca Juga:  37 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Terlengkap

2. Leach Ronald Melicher

Dari buku karangan yang berjudul “Enterpreneurial Finance”, beliau menyatakan bahwa kewirausahaan merupakan suatu proses dalam mengubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan harga atau nilai.

3. Eddy Soeryanto Soegoto

Pengertian kewirausahaan menurut Eddy Soeryanto adalah suatu usaha kreatif yang ada atas dasar inovasi untuk dapat menghasilkan sesuatu yang baru yang memiliki nilai tambah dan memiliki manfaat serta dapat menciptakan suatu lapangan pekerjaan, sehingga hasilnya akan bermanfaat untuk orang lain.

4. Ahmad Sanusi

Dalam bukunya tentang kewirausahaan, Ahmad Sanusi mengemukakan pendapat bahwa kewirausahaan merupakan suatu nilai yang dapat mewujudkan keinginan dalam tindakan yang dapat dijadikan sebagai sumber daya, tujuan,penggerak, dan hasil dari suatu bisnis.

5. Soeharto Prawiro

Bapak Soeharto Prawiro menyatakan bahwa kewirausahaan merupakan suatu nilai yang dibutuhkan dan diperlukan untuk dapat memulai suatu usaha dan mengembangkannya.

6. Drucker (1959)

Berpendapat bahwa kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan hal yang baru dan berbeda.

7. Zimmerer (1996)

Kewirausahaan merupakan suatu proses penerapan inovasi dan kreativitas untuk memecahkan segala persoalan serta menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan.

8. Siswanto Sudomo (1989)

Menurut Siswanto Sudoom bahwa kewirausahaan merupakan segala sesuatu yang sangat penting bagi seorang wirausahawan yaitu orang yang memiliki sifat pekerja keras, rela berkorban dan berani dalam mengambil keputusan untuk dapat mewujudkan gagasannya.

9. Arif F. Hadipranata

Wirausaha adalah sosok yang mengambil resiko yang dibutuhkan untuk dapat mengelola dan mengatur segala urusan dan menerima jumlah keuntungan financial maupun non financial.

10. Andrew J. Dubrin

Wirausaha adala seseorang yang mampu menjalankan dan mendirikan suatu usaha yang inovatif.

11. Robbin & Coulter

Kewirausahaan merupakan proses dimana seseorang atau kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir dan sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan nilai yang tumbuh dengan memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui sebuah inovasi dan keunikan, tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini.

Baca Juga:  Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli dan Secara Umum Terlengkap

12. Jean Baptista Say

Wirausahawan adalah suatu agen yang menggabungkan berbagai alat produksi dan menemukan nilai dari yang diproduksinya.

13. Raymond

Wirausaha adalah seseorang yang berinovatif, kreatif, dan mampu mewujudkan kreatifitasnya untuk dapat meningkatkan kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.

14. Penrose

Dalam berkewirausahaan mencakup berbagai peluang yang teridentifikasi dalam suatu sistemekonomi. Kemampuan atau kapasitas kewirausahaan berbeda dengan kapasitas manajerial.

15. Kasmir

Wirausaha adalah seseorang yang berjiwa pemberani, berani mengambil resiko untuk membuka sebuah usaha dalam berbagai kesempatan.

16. Harvey Leibenstein

Dalam berkewirausahaan mencakup berbagai kegiatan yang diperlukan untuk melaksanakan dan menciptakan perusahaan pada saat dimana pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau beberapa komponen fungsi produksinya belum teridentifikasi secara penuh.

17. Kathleen

Beliau mengemukakan bahwa wirausaha adalah seseorang yang mengatur, menjalankan, dan berani mengambil resiko dalam pekerjaan yang dijalankannya di dunia usaha.

18. Frank Knight

Bagi Frank Knight seorang wirausahawan mencoba untuk menyikapi dan memprediksi perubahan pasar. Ini merupakan suatu penekanan bagi peranan seorang wirausahawan dalam menghadapi ketidakstabilan pada dinamika pasar. Mengisyaratkan bagi seorang wirausahawan untuk melakukan semua fungsi manajerial mendasar seperti pengarahan dan pengawasan.

19. Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz

Wirausaha adalah seseorang yang memiliki inovasi unuk mengubah kesempatan menjadi suatu ide yang bisa dijual, mampu memberikan nilai tambah lewat usaha, biaya, waktu, dan kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

20. Joseph Schumpeter

Wirausaha adalah seseorang yang mendapatkan peluang dan menciptakan suatu organisasi untuk mengejar peluang tersebut.

21.  Stein dan Jhon F.Burgess

Wirausaha adalah seseorang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani mengambil resiko untuk menciptakan sebuah peluang usaha dan usaha baru.

Baca Juga:  Pengertian Koperasi, Jenis, Tujuan dan Fungsinya Terlengkap

22. J.B Say

Wirausaha adalah seseorang yang mampu mengelola berbagai sumber daya yang dimiliki secara ekonomis dan meningkatkan produktifitas yang rendah menjadi tinggi.

23. Raymond W.Y. Kao

Wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita.

24. Syamsudin Suryana

Wirausaha adalah seseorang yang mempunyai karaketeristik percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambil resiko yang wajar, pemimpin yang lugas, kreatif, inovasi, dan berorientasi pada masa depan.

25. Prawirakusumo

Wirausaha adalah seseorang yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.

26. Schumpeter

Wirausaha adalah inovator yang tidak selalu menjadi inventor.

27. Richard Cantillon

Wirausaha adalah seseorang yang mampu memindahkan dan mengkonversikan sumber-sumber daya ekonomi dari tingkat produktifitas rendah ke produktifitas tinggi.

28. Israel Kirzner

Wirausaha adalah menemukan, mengenali, dan berbuat terhadap peluang pasar.

29. Geoffrey G.Meredit

Wirausaha adalah seseorang yang berkemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan, guna mengambil keuntungan daripadanya dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan kesuksesan.

30. Skinner (1992)

Wirausaha adalah seseorang yang berani mengambil resiko untuk mengorganisasikan dan mengelola suatu bisnis dengan menerima imbalan jasa berupa profit non financial.

31. Wikipedia

Kewirausahaan adalah suatu proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi kedalam kehidupan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai 31 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan Terimakasih 🙂

Rate this post